Daftar Film Film Rekomendasi Tentang Musik

By Wong Simpang → Senin, 08 Juli 2013
Buat Anda para penggemar musik tidak cukup rasanya jika hanya  menggemari dan menikmati musik dengan audio saja atau memiliki poster poster di kamar tentang sang idola. Atau juga mengoleksi video - video klip dan buku biographi perjalanan karir musik sang idola namun tentunya akan lebih menggembirakan buat sang penggemar jika ada film film yang menceritakan perjalan musiknya mereka melalui sebuah film.

Hingga saat ini, telah banyak banyak sekali film mengenai musik rock yang telah beredar di pasaran. Ada banyak genre, ada yang fiksi, dokumentasi, hingga penampilan konser - konser yang di filmkan secara apik.
Apa saja film tersebut dan apakah idola Anda termasuk dalam film film ini. Berikut 10 film tentang musik yang wajib Anda tonton.

1. Cadillac Records (2008)


Film ini menceritakan sejarah perkembangan musik blues serta industri permusikan itu sendiri di negara  Amerika khususnya. Di dalam film ini menceritakan kisah perjalanan musik dari Chuck Berry dan Muddy.

2. HYPE! (1996)


Film Hype! merupakan sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang kesuksesan musik grunge di awal hingga pertengahan tahun 1990-an. Film ini juga disertai wawancara dan rekaman konser langka untuk melacak pergerakan grunge. Film HYPE! ini menunjukkan grunge dari sudut pandang orang dalam pelaku grunge itu sendiri.

3. This is Spinal Tap (1984)


Film ini merupakan  sebuah film rock Amerika yang rilis di tahun 1984. Film ini bergenre mockumentary yang disutradarai oleh Rob Reinar yang berkisah tentang musik heavy metal.

4. Almost Famous (2000)


Film Almost Famous disebut sebut merupakan salah satu film fiksi rock n roll terbaik yang pernah ada. Film ini menceritakan kisah tentang seorang bocah remaja 14 tahun yang mengirimkan tulisannya mengenai musik ke majalah Rolling Stone Amerika. Tulisan bocah tersebut menarik perhatian majalah Rolling Stone yang akhirnya mengutus bocah tersebut menjadi media partner dari tur sebuah band bernama Stillwater.

5. Control (2007)


Berikutnya ada film Control. Film ini merupakan biografi dari sang vokalis band Joy Divison yang legendaris, Ian Curtis. Film ini dibuat oleh Anton Corbijn yang tak lain adalah fotografer sepanjang karir Joy Division.

6. Dig! (2004)


DIG! merupakan sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Ondi Timoner, dan diproduksi oleh Timoner, Vasco Nunes dan David Timoner. Film ini adalah dokumentasi dari kisah The Dandy Warhols, The Brian Jonestown Massacre, Courtney Taylor-Taylor, dan Anton Newcombe.

7. Tommy (1975)


Film ini merupakan versi film dari opera rock Pete Townshend, vokalis The Who. Namun dalam versi film, Roger Daltrey yang memerankan peran utama. Dalam film ini juga menampilkan akting cemerlang dari Elton John, Tina Turner, Eric Clapton, dan Jack Nicholson.

8. Quadrophenia (1979)


Film ini sedikit banyak menceritakan tentang pertempuran antara mods dan rocker di Brighton Inggris pada tahun 1960. Film ini dibintangi Sting serta Phil Daniels. Juga dibintangi oleh Ray Winstone, yang sekarang ini menjadi salah satu aktor paling terkenal di Inggris.

9. Cocksucker Blues (1972)


 Film ini dibintangi  langsung oleh The Rolling Stone. Sebuah film yang mengikuti hedonisme berlebihan dari Mick Jagger dan kawan-kawan.
Dalam film itu menampilkan perjalanan tur The Rolling Stone sepanjang Amerika Serikat di tahun 1972. Film ini tanpa malu-malu merekam band yang sedang menggunakan obat terlarang, grupis yang bercinta, dan belakang panggung yang berpesta. Sayangnya film ini termasuk dalam film yang dicekal. Namun, hal itulah yang semakin membuat film ini masuk dalam rekomendasi film rock n roll terbaik.

10. Rock 'n' Roll High School (1979)


Dan terakhir ada film pertama yang dibintangi oleh sang maestro musik punk, Ramones. film ini bercerita tentang Ramones dan para fans mereka memberontak terhadap guru di sekolah.Ramones datang untuk menyelamatkan sang karakter utama Riff Randell.
Terlepas dari akting Ramones yang buruk, ditambah script yang cheesy dan nilai-nilai produksi yang murah, film ini masih salah satu film rock yang cukup menghibur.