Foto - Foto Bumi Dari Luar Angkasa

By Wong Simpang → Selasa, 13 Agustus 2013
Foto Keindahan Bumi dari Luar Angkasa - Bumi merupakan planet dimana manusia berpijak ini mengambang di semesta di dalam sistem Tata Surya, di antara jutaan bintang, planet dan galaksi lain. Sejak manusia bisa ke luar angkasa, sejak itu pula wujud Bumi diabadikan. Seberapa kecil Bumi tempat kita berpijak jika kita melihat dari luar angkasa?

Dan berikut ini foto-foto Bumi yang diambil dari luar angkasa mulai dari planet bulan, planet dalam dan planet luar di Tata Surya seperti dikutip dari situs NASA:


1. Foto Pertama Bumi dari Bulan


Foto ini merupakan penampakan Bumi perdana dari Bulan. Foto ini diambil oleh pesawat luar angkasa tanpa awak Lunar Orbiter I, dikirimkan ke stasiun NASA di Robledo De Chavela, Madrid, Spanyol, pada 23 Agustus 1966. Saat itu pesawat luar angkasa ini mengorbit pada Bulan yang ke-16.


2. Foto Bumi dari Planet Saturnus


Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, baru saja merilis foto bulan dan Bumi yang diambil dari pesawat luar angkasa yang mengorbit di Saturnus dan berjarak sekitar miliaran kilometer.

Gambar ini diambil oleh pesawat Cassini pada 19 Juli lalu itu. Tampak planet Bumi hanya terlihat sebagai titik biru kecil.

Ketika pengambilan gambar itu, orang-orang di Bumi diminta untuk tersenyum dan melambaikan tangan.
Pemimpin tim kamera dari Cassini, Dr Carolyn Porco, menggambarkan peristiwa ini sebagai "sesi foto kosmik antarplanet."

Ini adalah kali pertama orang diberitahu sebelumnya bahwa foto jarak jauh mereka sedang diambil.

"Sangat menyenangkan bagi saya bahwa orang dari seluruh dunia mau berhenti dari aktivitas mereka dan pergi ke luar untuk melambaikan tangan," kata Dr Porco dari Institut Sains Luar Angkasa di Colorado.

Gambar Bumi dari planet luar Tata Surya sangat langka karena jarak Bumi masih terhitung sangat dekat dengan Matahari yang terang.

3. Foto Bumi dari Pesawat Angkasa ke Jupiter


Foto ini diambil oleh pesawat luar angkasa tanpa awak Juno. Misi Juno adalah mengorbit di planet terbesar dalam sistem Tata Surya, Jupiter, yang berangkat 5 Agustus 2011 dan ditargetkan mengorbit Agustus 2016.

Selama 5 tahun perjalanan ke Jupiter itu, Juno memfoto Bumi dan Bulan. Saat gambar diambil, Juno berjarak 9,66 juta kilometer dari Bumi.  

"Ini adalah pemandangan yang luar biasa dan sangat jarang. Pemandangan ini menunjukkan planet kita, Bumi, dari luar angkasa sana. Mengilustrasikan pandangan khusus dari peran dan tempat kita di semesta. Kita melihat dengan pandangan rendah hati dan indah akan diri kita," kata Scott Bolton, ketua peneliti Juno dari Southwest Research Institute, San Antonio.

4. Foto Bumi dari Bulan dengan Pesawat Berawak


Foto ini merupakan foto yang di ambil dari Bulan dengan pesawat berawak pertama ke Bulan, Apollo 8, yang masuk ke orbit Bulan pada malam Natal, 24 Desember 1968. Pesawat itu diawaki astronot Frank Borman, Jim Lovell, William Anders yang saat itu bersiaran live dari orbit Bulan. 

"Keheningan yang luas ini menakjubkan, dan itu membuat Anda sadar apa yang Anda miliki di Bumi sana," kata Jim Lovel.

5. Foto Bumi dari Planet Mars


Gambar Bumi dan Bulan ini diambil oleh kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di pesawat antariksa sebaguna nirawak Mars Reconnaissance Orbiter pada 3 Oktober 2007.

Saat gambar diambil dari Mars, jarak Bumi adalah 142 juta kilometer.
Gambar : NASA.